Thursday 20 March 2014

Mengatasi Partisi Harddisk yang tidak terbaca setelah menginstall Windows 8 / 8.1

Asslamu'alaikum, Wr Wb
Suatu hari saya mendapat kerjaan mengupgrade laptop dari Windows 8 Ke Windows 81, awalnya partisi Harddisk teman saya ada beberapa partisi ....kemudian saya install ulang tapi tentunya Cuma partisi C aja yang di Format, karena di partisi lain itu banyak data2 penting, nah pas saya selesai mengupgrade semuanya berjalan dengan normal-normal saja tapi sesudah Masuk ke Desktop , lalu saya liat Windows Exploler, Partisi laptop teman saya cuma C saja,.. Saya bingung sendiri dan bertanya-tanya kemana data teman saya ?, agak tegang juga sih, cz data-data teman saya, kalau data saya sendiri sih masih mending, dan setelah searching di Mbah Google akhirnya saya mendapatkan solusinya seperti berikut :
Berikut ini cara Untuk menampilkan Partisi yang tidak terbaca :
  • Masuk ke Command Prompt ( CMD ) => Start+R - Ketikkan CMD - lalu ENTER, Ketik => " diskpart " Tanpa Kutip ... lalu Enter dan tunggu beberapa detik , lalu klik Yes.
  • Ketik => " select disk 0 " Enter Ketik => " list vol " Liat Volume yang belum punya Ltr , Liat Gambar di bawah

  • Ketik => " select vol ? " ( tanda tanya ganti dengan nomber volume yang belum punya Ltr ) Karena yang belum punya Ltr itu Volume 4 , jadi saya ketikkan " select vol 4 " lalu Enter 
  • Ketik => " assign letter ?" ( tanda tanya ganti dengan Ltr yang anda mau ) Terserah mau F, G, J, D, I, E asalkan jangan kettikan Ltr yang sudah ada di situ.. nah kalo saya mengetikkan " assign letter J " karena Ltr "J" belum ada di daftar Ltr, jadi saya pakai "J" tapi kalo anda ya terserah semaunya anda sendiri :)
Dan akhirnya Partisi yang hilang tadi Terbaca kembali,  Sekian , semoga bermanfaat.  . !

18 comments:

  1. Misi gan, izin share ya...

    HD 2,5'' 1TB Hitachi 7200rpm
    Price Rp 803.000

    Spesifikasi :

    Capacity : 1TB (HTS721010A9E630)
    Interface : SATA 6Gb/s
    Sector size (variable, Bytes/sector) 512e
    Recording zones 30
    Max areal density (Gbits/sq. in.) 676
    Performance
    32MB data buffer
    7,200 RPM
    Latency Average: 4.2ms
    Media transfer rate (Mbits/sec, max): 1284
    Seek time: Average (typical)ms(read): 12
    Seek time: Track to track (typical)ms(read): 1
    Seek time: Full Stroke (typical)ms(read): 20
    Dimensions (WxDxH) : 70mm x 100mm x 9.5mm
    Weight (max) : 115g


    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih.... :)

    ReplyDelete
  2. Makasih gan infonya, ane juga ada solusi kali aja butuh untuk masalah Partisi Tidak Terbuka di Linux

    ReplyDelete
  3. Mantap bang akhirnya bisa juga nampilin hardisk yg ngak kebaca

    ReplyDelete
  4. makasih banget mas infonya

    ReplyDelete
  5. trimakasih. sangat membantu sekali :) :) :)

    ReplyDelete
  6. it's worked... thaks greatfull gann

    ReplyDelete
  7. WORK 100000% GAN.. THX FOR HELP..

    ReplyDelete
  8. Terima kasih sob, saya hampir bunuh diri hahaha

    ReplyDelete
  9. gan klo yang paetisi lainnya file nya raw gmn

    ReplyDelete
  10. kalo ga muncul di list vol gmn bro, tapi di disk management muncul
    yg jadi masalah di dsik management ga ada drive letter jad ga bisa di ganti drive letternya

    ReplyDelete
  11. keren mantap luar biasa 100% working trimakasih sebanyak banyak nya ,, saya sering menjumpai banyak tutorial hanya ini yang nyata .. luar biasa mas mantap ,, kalau boleh saya minta nomer nya

    ReplyDelete